Monday, February 28, 2011

MyIsam vs InnoDB

Aspek terpenting dari manajemen data adalah 'integrated' atau saling erhubungan, yang berarti banyak komponen menjadi satu dan tentunya sinkron. Kelemahan utama dari alat komputer adalah tiba-tiba mati/ngadat saat tidak boleh
Nah, jadinya teramat penting bahwa dbserver mendukung "transactions" yaitu teknologi Windows yang bisa menjamin bahwa proses penyimpanan data dari RANGKAIAN (lebih dari satu) tabel ter-eksekusi dengan konsep ALL OR NOTHING (semua berhasil, atau semua batal/rollback), tidak terjadi sebagian berhasil sebagian gagal,maka innoDB tepat untuk itu karena support transaksional.
1. Pada MYISAM data dibagi menjadi tiga bagian file, yaitu; format tabel, data, dan index. Sedangkan pada innoDB tidak ada pemisahan data.innoDB lebih besasr dalam masalah kebutuhan storage.
2. RDB (Relation Database)
RDB lebih di anjurkan pake innoDB karena pada innoDB mempunyai fitur foreign key. Sedang pada MYISAM walaupun masih bisa menggunakan join tapi tidak bisa foreign key. Jadi kalai mau ada foreign key maka harus pake innoDB. Makanya pada innoDB ada link untuk relation view,pada myIsam tidak.


ref:
http://dev.mysql.com/doc/refman/5.1/en/innodb.html
http://dev.mysql.com/doc/refman/5.0/en/myisam-storage-engine.html
http://www.mikebernat.com/blog/15#comments

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...